Ini Dia 4 Jenis Saus Salad yang Wajib Dicoba!

Mendengar kata ‘salad’ tentu yang muncul di benak kita adalah sebuah sajian makanan yang terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Yup, betul sekali! Menurut  The Dictionary of American Food and Drink, salad adalah jenis makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Kata “salad” berasal dari bahasa Perancis ‘salade’ yang memiliki arti yang sama, dengan bahasa Latin salata yaitu asin. Dalam bahasa Inggris, kata yang pertama muncul sebagai “salad” atau “sallet” ada pada abad ke-14. Amerika Serikat mempopulerkan  salad di akhir abad 19 dan wilayah lain di dunia sepanjang paruh kedua abad ke-20. Di Amerika, salad mulai digemari sejak tahun 1960-an seiring kepedulian masyarakat akan makanan yang alami.

Mengonsumsi salad setiap hari ternyata memiliki sangat banyak manfaat. Selain dapat menurunkan berat badan, kandungan serat yang tinggi dalam sayur dah buah segar dapat memenuhi kebutuhan serat harian dalam tubuh dan karena mengandung sayur dan buah, salad juga kaya akan nutrisi yang bisa menurunkan risiko terserang beberapa jenis kanker. Selain itu, salad mengandung antioksidan dalam buah dan sayuran yang segar. Antioksidan berperan penting dalam mencegah efek buruk dari radikal bebas dan memperbaiki sel-sel yang rusak karena radikal bebas, dan dapat membuat kulit terlihat lebih kencang.

Salad dapat disajikan dengan berbagai cara dapat disesuaikan dengan selera penikmat, jenis-jenis salad juga beragam mulai dari salad sayur, salad buah, salad macaroni, salad kentang, salad saus ubi dan lainnya. Jenis saus yang ditambahkan sebagai topping dalam salad sangat berpengaruh terhadap rasanya. Berikut ini adalah 4 jenis saus salad terpopuler di dunia yang wajib dicoba para pencinta salad:

  • Saus Blue Cheese

Salad dengan saus Blue Cheese biasanya terbuat dari mayonais, sour cream, yogurt, blue cheese, susu, cuka, bawang bombay bubuk, dan bawang putih bubuk. Warnanya putih dengan rasa asam gurih. Saus Blue Cheese ini adalah saus yang paling terpopuler di Amerika.

  • Saus Thousand Island

Saus Thousand Island (Russian Dressing). Rasanya manis, gurih, dan kental.

Bahan dasarnya adalah mayonais, air jeruk lemon, paprika, Worcestershire sauce atau saus BBQ, mustard, cuka, krim, saus sambal, sari tomat, atau Tabasco. Paling populer karena cocok dipadukan dengan bahan salad yang direbus dan gurih.

  • Italian Dressing

Saus salad ini mempunyai rasa yang asam segar. Bahannya  terdiri dari air, cuka atau perasan lemon, minyak sayur, paprika cincang, gula atau sirup jagung, adas, dan garam. Bawang putih dan bawang bombay bisa juga dimasukkan untuk memperkuat rasa saus.

  • Ranch Dressing

Saus salad yang satu ini sangat populer di Amerika. Bahannya terbuat dari buttermilk atau sour cream, bawang bombay, bawang putih, peterseli, paprika, dill, merica, dan biji mustard. Saus ini berwarna putih susu dengan rasa yang asam gurih dan sedikit pedas

Aneka ragam jenis salad diatas juga bisa anda nikmati di gerai makanan di Grand Indonesia yang menyediakan salad seperti Saladstop!, Publik Markette, Cafe Milano, Olivier, dll.