Acchedya – Atlet Angkat Besi

Angkat besi identik dengan orang bertubuh kekar yang dapat mengangkat beban yang berat. Hal itu biasanya akan mengarah pada laki-laki. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Perempuan pun juga bisa melakukan angkat besi, lihat saja banyak atlet angkat besi perempuan yang berasal dari Indonesia. Meski dekat dengan dunia yang bisa dianggap keras dan berat, namun tak semua atlet perempuan angkat besi ini bertubuh kekar.

Acchedya Jagaddhita menekuni olahraga angkat besi karena mengikuti jejak ibunya, Supeni yang merupakan peraih perak Asian Games Hirohisma, Jepang 1994. Kini, gadis kelahiran Jambi, 4 Mei 1997 itu tidak malu lagi menyebut lifter sebagai profesinya. Bahkan, dia menyebut wanita yang jadi lifter itu keren.

“Wanita tidak perlu takut berotot dengan menekuni olahraga angkat besi itu. Terus terang, jadi lifter itu keren lho,” kata Acchedya.  Jadi lifter bukan hanya keren, tapi Acchedya telah merasakan banyak manfaat lainnya. “Alhamdulillah, saya banyak mendapat rezeki dari angkat besi. Saya juga banyak teman dan bisa belajar untuk jadi orang yang sukses,” tegasnya. Peraih medali perunggu kelas 58kg Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) Turkmenistan 2017 ini mengaku pertama kali berlatih saat duduk di kelas 6 Sekolah Dasar (SD). “Saya pertama kali dikenalkan ibu dengan olahraga angkat besi saat kelas 6 SD. Sejak itu, saya terus berlatih,” katanya.

Sesekali, kata Acchedya, dirinya mengalami kejenuhan menjalani latihan. Tapi, kejenuhan itu bisa diatasi dengan menjalankan program latihan dan mengingat kembali misi utamanya menjadi lifter. “Kalau jenuh, yah saya lawan dengan menjalani program latihan sembari mengingat tekad mau jadi juara,” aku mahasiswi semester I Fakultas Ekonomi Universitàs Bhayangkara Bekasi.

Source : http://www.tribunnews.com/sport/2017/09/21/acchedya-jagaddhita-cewek-jadi-lifter-itu-keren-lho